post image
Monumen Nasional Jakarta. Shutter Stock/Apiguide
KOMENTAR

Wilayah dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Indonesia meliputi lima wilayah di Provinsi DKI Jakarta. Hal ini disampaikan secara resmi oleh anggota tim pakar Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah. Adapun Jakarta Pusat menjadi wilayah dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

“Ada 9 kabupaten/kota perlu perhatian ekstra karena menyumbang kasus aktif lebih dari 1.000. DKI Jakarta 5 kotanya masuk semua,” ujar Dewi di BNPB, dikutip dari Kumparan. Tidak hanya berada di Jakarta, sejumlah kota besar lainnya pun mencatat jumlah kasus aktif yang tinggi. Salah satunya adalah Kota Makassar.

“Kemudian Kota Surabaya, Kota Medan, Kota Makassar” lanjut Dewi.

Data yang disampaikan Dewi ini diambil per 9 Agustus  2020. Dari data tersebut, kota-kota besar di Indonesia masih menjadi pusat infeksi karena mobilitas penduduknya masih tinggi. Dewi pun mengimbau agar protokol kesehatan tetap dijalankan guna mencegah penambahan kasus baru.

“Ini perlu perhatian ekstra. Mobilitas tinggi, aktivitas tinggi, tetap patuh protokol kesehatan, dan jangan sampai nambah lagi kasus aktifnya,” tutup Dewi.

Berikut adalah daftar 9 wilayah dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Indonesia per tanggal 9 Agustus 2020:

1. Jakarta Pusat: 2.212 kasus

2. Jakarta Utara: 1.775 kasus

3. Kota Semarang: 1.681 kasus

4. Kota Makassar: 1.511 kasus

5. Jakarta Selatan: 1.309 kass

7. Jakarta Timur: 1.305 kasus

8. Kota Surabaya: 1.282 kasus

9. Jakarta Barat: 1.268 kasus

Sebagai upaya menghentikan penyebaran virus corona, Pemerintah Daerah Jakarta telah memberlakukan PSBB transisi sejak tanggal 5 Juni 2020 dan berakhir pada 13 Juli 2020. PSBB transisi pun sudah diperpanjang hingga tiga kali.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut bahwa kemungkinan PSBB transisi akan kembali diperpanjang. Meski demikian, keputusan ini belum final dan akan disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pertimbangan memperpanjang PSBB di wilayah Jakarta adalah kasus Covid-19 yang belum juga menurun. Sementara itu, jika kasus mulai menurun, maka PSBB transisi akan memasuki tahap kedua.

“Pilihannya kan selalu saya sampaikan. Pertama, kalau angkanya membaik, bisa jadi kita memasuki massa masyarakat sehat aman produktif. Kalau angkanya masih belum membaik, bisa jadi solusinya diperpanjang,” ujar Ahmad Riza, dikutip dari Kumparan.

Meski wilayah-wilayah di Jakarta tercatat sebagai wilayah dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Indonesia, Ahmad Riza Patria menyebut kasus Covid-19 tidak membaik namun tidak juga memburuk.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual