post image
Pasien corona di Bekasi semakin banyak yang sembuh (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Kabupaten Bekasi bersama beberapa kota dan kabupaten lain di wilayah Jawa Barat sempat menjadi wilayah yang memiliki pasien positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 dengan jumlah yang cukup tinggi.

Lokasinya yang bersebelahan dengan Jakarta, salah satu episentrum penyebaran virus Corona di Indonesia, membuat potensi penularan di wilayah Kabupaten Bekasi ikut meningkat. Penyebab utamanya tentu saja mobilitas masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Bekasi namun beraktivitas di daerah Jakarta atau sebaliknya.

Namun kini, setelah berbagai upaya dikerahkan oleh seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bekasi, jumlah pasien positif yang berhasil sembuh dari Covid-19 terus meningkat. Hingga hari Minggu (28/6/2020), pasien positif Corona di wilayah Kabupaten Bekasi tersisa 10 orang dari 246 kasus selama masa pandemi.

Alamsyah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi menyatakan, dari 10 pasien tersebut, empat orang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan enam orang lainnya menjalani karantina mandiri.

“Kemarin (27/6), dua kasus positif sudah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing,” ujar Alamsyah kepada Antara, dikutip dari Kumparan.com.

Dari total 246 kasus positif Corona di wilayah Kabupaten Bekasi, 216 pasien dinyatakan sembuh, 20 pasien meninggal dunia, dan 10 pasien lainnya masih menjalani perawatan dan karantina mandiri hingga saat ini. Pemerintah Kabupaten Bekasi pun terus berupaya untuk menuntaskan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Mulai dari tes masif hingga penerapan protokol kesehatan yang wajib ditaati seluruh masyarakat.

Itu sebabnya, Alamsyah berharap angka kasus positif terus menurun seiring masifnya usaha yang telah dilakukan, “Sampai kemarin juga kita lakukan tes cepat (kepada) santri yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur,” kata Alamsyah.

Menurut catatan Alamsyah bersama tim Gugus Tugas Covid-19, saat ini sudah ada 16 kecamatan dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi yang tidak memiliki kasus baru penyebaran virus Corona, yakni Kecamatan Cabangbungin, Cikarang Barat, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Timur, Kedungwaringin, Pebayuran, Serang Baru, Sukakarya, Sukatani, Sukawangi, Tarumajaya, Muaragembong, Bojongmangu, dan Kecamatan Tambelang.

Sementara masih ada 7 Kecamatan di Kabupaten Bekasi yang masih memiliki kasus positif Corona, yakni Kecamatan Babelan, Cibarusah, Cibitung, Karangbahagia, Setu, Tambun Selatan, dan Kecamatan Tambun Utara.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan melalui laman media sosial Humas Jabar bahwa Kabupaten Bekasi sudah tidak lagi berada di posisi lima besar kasus positif Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Artikel Aktual