post image
Lansia yang memiliki riwayat penyakit, biasanya akan lebih mudah tertular virus corona.
KOMENTAR

Kendati penyebaran virus corona telah menjangkiti beragam usia, orang lanjut usia (lansia) dinilai lebih mudah terpapar dan lebih sering menyebabkan gejala berat, bahkan kematian. Dalam hal ini, mereka yang berusia diatas 60 tahun.

Penularan Covid-19 juga akan lebih mudah apabila ada kombinasi seperti lansia yang memiliki riwayat penyakit tertentu diantaranya penderita kanker, pengidap darah tinggi, penyakit jantung, penyakit paru, dan diabetes.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut orang tua atau orang dengan kondisi medis sudah ada penyakit bawaan sebelumnya rentan terinfeksi Covid-19, karena kekebalan mereka lebih rendah.

Dengan kondisi tersebut, tidak heran apabila para lansia membutuhkan penjagaan yang lebih ekstra. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 15 Juni 2020, berikut cara mencegah penularan virus Corona pada lansia.

1. Tunda perjalanan atau bepergian

Para lansia disarankan tidak melakukan perjalanan sementara waktu. Pasalnya, dalam perjalanan seseorang akan lebih mudah terpapar virus maupun bakteri. Apalagi jika berada di tengah kerumunan orang.

Terlebih jika orang lansia bepergian dengan transportasi umum dan menginap di hotel yang tidak terjamin kebersihannya dengan benar maka dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

2. Sering mencuci tangan

Meski terdengar sepele, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat dianjurkan untuk menghindari penularan virus corona. Cuci tangan dilakukan minimal 20 detik.

Cuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum atau sesudah makan, setelah menggunakan toilet, dan sesaat setelah menyentuh permukaan benda yang sering disentuh oleh orang banyak.

3. Hindari bertemu dengan orang banyak

Langkah pencegahan berikutnya adalah dengan menghindari bertemu dengan orang banyak. Orang tua memang cenderung lebih suka berinteraksi dengan banyak orang. Mereka senang membangun relasi dan bercengkrama dengan orang lain.

Namun di tengah wabah corona saat ini, hindarkan orangtua dari kerumunan orang. Situasi dalam keramaian dapat meningkatkan risiko penularan lebih cepat.

4. Hindari penggunaan barang bersama

Ada baiknya mulai membiasakan diri untuk tidak menggunakan barang bersama. Sebab, hal itu dapat meningkatkan risiko penularan kepada anggota keluarga secara cepat.

Jika satu anggota keluarga terkena, kemungkinan akan cepat menyebar ke anggota keluarga lain apalagi pada seseorang yang memiliki daya imun rendah.

5. Tunda waktu pemeriksaan dokter bila tak mendesak

Sebaiknya tunda waktu pemeriksaan rutin kesehatan sementara waktu. Kunjungan ke rumah sakit atau klinik justru dapat memperbesar risiko penularan virus dan bakteri, termasuk paparan virus corona.

Sebagai solusinya, bisa menggunakan metode telemedicine sebagai alternatif konsultasi dengan dokter secara online. Orang lansia boleh menemui dokter di rumah sakit bila kondisi kesehatannya sangat mendesak.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual