post image
Krisis virus corona di Indonesia.
KOMENTAR

Ketua Tim Survei LQC Departemen Statistika Universitas Padjajaran (Unpad) Yuyun Hidayat mengatakan, jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia pada pekan depan (7 Juni – 13 Juni) berkisar antara 18.772 ribu hingga 23.838 ribu pasien.

Prediksi kasus aktif Covid-19 di Indonesia yang dirilis LQC Departemen Statistika Unpad mencakup pasien yang dirawat di rumah sakit maupun yang tidak dirawat di rumah sakit.

Dilansir dari situs PRFM News, Jumat, 12 Juni 2020, dengan prediksi ini, pemerintah diharapkan untuk menyeimbangkan antara fasilitas rumah sakit rujukan Covid-19 dengan jumlah pasien.

“Informasi ini strategis untuk pemerintah karena minggu lalu ada penambahan kasus aktif di rumah sakit dan kapasitas di rumah sakit sudah penuh. Nah dengan prediksi kasus baru, bisa menjadi acuan bagi pemerintah untuk menambah fasilitas rumah sakit rujukan Covid-19 atau membuka rumah sakit darurat untuk menangani Covid-19,” tutur Yuyun saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa, 9 Juni 2020.

Dijelaskan Yuyun, metode yang digunakan LQC Departemen Statistika Unpad ialah metode autoregressive. Akurasi data yang dalam metode ini diklaim terjaga dikarenakan ikut divalidasi oleh 50 negara lain yang juga dilanda pandemi Covid-19.

Sumber data yang digunakan berasal dari World O Meter, Wikipedia, WHO dan Jhon Hopkins University dengan melibatkan 130 negara.

Sementara itu pada pekan lalu (31 Mei – 6 Juni), hasil survei LQC Departemen Statistika Unpad menunjukan, kasus aktif Covid-19 di Indonesia diprediksi berkisar antara 16.601 hingga 21.916 kasus.

Akurasi prediksi ini terjaga saat pemerintah mengeluarkan jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia pada 5 Juni 2020, mendekati angka 18 ribu pasien.

“Harapan kami dengan prediksi ini, tidak ada lagi pasien Covid-19 yang ditolak rumah sakit.” kata Yuyun.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual